Saturday, October 10, 2009

APAKAH TUHAN MENCIPTA KEJAHATAN?

Apakah Tuhan menciptakan kejahatan? Seorang Profesor dari sebuah universiti terkenal menentang mahasiswa-mahasiswanya dengan pertanyaan ini, "Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada?".Seorang

mahasiswa dengan berani menjawab, "Betul, Dia yang menciptakansemuanya". "Tuhan menciptakan semuanya?" Tanya professor sekali lagi." Ya, Prof, semuanya" kata mahasiswa tersebut.Profesor itu menjawab, "Jika Tuhan menciptakan segalanya, bererti Tuhan menciptakan Kejahatan. Kerana kejahatan itu ada, dan menurut prinsipkita bahwa pekerjaan kita menjelaskan siapa kita, jadi kita bolehkatakan bahwa Tuhan itu adalah kejahatan.
"Mahasiswa itu terdiam dan tidak menjawab hipotesis professor tersebut. Profesor itu merasa menang dan menyombongkan diri bahwasekali lagi dia telah membuktikan bahawa agama itu adalah sebuah mitos.Mahasiswa lain mengangkat tangan dan berkata, "Profesor, boleh sayabertanya sesuatu?""Tentu saja," jawab si Profesor Mahasiswa itu berdiri dan bertanya, "Profesor, apakah dingin itu ada?""Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja dingin itu ada. Kamu tidak pernahterkena flu?" Tanya si professor diiringi tawa mahasiswa lainnya.Mahasiswa itu menjawab, "Kenyataannya, Prof, dingin itu tidak ada.Menurut hukum fizik, yang kita anggap dingin itu adalah ketiadaanpanas suhu -460F adalah ketiadaan panas sama sekali. Dan semua partikelmenjadi diam dan tidak boleh bereaksi pada suhu tersebut. Kitamenciptakan kata dingin untuk mendeskripsikan ketiadaan panas.
Mahasiswa itu melanjutkan, "Profesor, apakah gelap itu ada?"Profesor itu menjawab, "Tentu saja itu ada."Mahasiswa itu menjawab, "Sekali lagi anda salah, Prof. Gelap itu jugatidak ada. Gelap adalah keadaan dimana tidak ada cahaya. Cahaya bolehkita pelajari, gelap tidak. Kita boleh menggunakan prisma Newton untuk memecahkan cahaya menjadi beberapa warna dan mempelajari berbagaipanjang gelombang setiap warna. Tapi kita tidak boleh mengukur gelap.Seberapa gelap suatu ruangan diukur dengan berapa ketumpatan cahaya di ruangan tersebut.Kata gelap dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan cahaya."Dengan bimbang professor itu menjawab, "Tentu saja, seperti yang telahkukatakan sebelumnya. Kita melihat setiap hari di surat khabar dan TV. Banyak perkara kejam dan kekerasan di antara manusia. Perkara-perkaratersebut adalah manifestasi dari kejahatan."
Mendengar pernyataan ini mahasiswa itu menjawab, "Sekali lagi Anda salah, Prof. Kajahatan itu tidak ada. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan.Seperti dingin atau gelap, kajahatan adalah kata yang dipakai manusiauntuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan. Tuhan tidak menciptakankajahatan.Kajahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih Tuhan dihati manusia.Seperti dingin yang timbul dari ketiadaan panas dan gelap yang timbul dari ketiadaan cahaya."Profesor itu terdiam....Akhirnya mahasiswa itu bertanya, "Profesor, apakah kejahatan itu ada?"
...dan mahasiswa itu adalah Albert Einstein.

1 comment: